/* GRATISAN ZONE: Bruk! Helm Ber-GPS Siap Panggil 911 */ Bruk! Helm Ber-GPS Siap Panggil 911 - GRATISAN ZONE

Rabu, Februari 13, 2008

Bruk! Helm Ber-GPS Siap Panggil 911

Selasa, 12/02/2008 15:16 WIB
Fransiska Ari Wahyu - detikinet

Jakarta - Saat berkendara, helm merupakan perlengkapan yang wajib dikenakan oleh para pengendara sepeda motor. Pasalnya, helm diklaim dapat menjadi pelindung atau pengaman kepala, terutama jika terjadi kecelakaan.

Kini ada sebuah helm nyentrik yang tak hanya melindungi kepala dari benturan saat terjadi kecelakaan, tapi juga dilengkapi dengan alarm dan GPS yang akan membuat panggilan ke 911 saat terjadi kecelakaan. Helm besutan Brycen Spencer, mahasiswa UMass Amherst tersebut diberi nama Wireless Impact Guardian (WIG).

Jika pengendara jatuh, dan kepalanya terbentur, helm ini akan segera tanggap, lalu alarmnya akan meraung selama beberapa menit. Jika dalam waktu 60 detik pengendara tidak mematikan alarm tersebut karena tak sadarkan diri, helm WIG akan segera mengirimkan panggilan darurat ke 911 untuk minta pertolongan.

Seperti dikutip detikINET dari Engadget, Selasa (12/2/2008), helm tersebut juga dilengkapi dengan GPS, yang akan mengirimkan panduan lokasi tempat si pengendara mengalami kecelakaan. Dengan demikian petugas penyelamat pun bisa segera menuju lokasi kejadian untuk menolong pengendara tersebut.

Sayangnya belum dapat dipastikan apakah helm tersebut akan dijual ke pasaran. Yang pasti, Spencer telah mematenkan penemuannya tersebut ( wsh / wsh )