/* GRATISAN ZONE: Windows Server 2008 Muncul Pertama di Indonesia */ Windows Server 2008 Muncul Pertama di Indonesia - GRATISAN ZONE

Minggu, Februari 24, 2008

Windows Server 2008 Muncul Pertama di Indonesia

Thursday, 21 February 2008
JAKARTA, KAMIS - Publik Indonesia menjadi negara pertama yang berkesempatan memdapat perkenalan Windows Server 2008 sebelum resmi diluncurkan. Microsoft Indonesia memperkenalkan sistem operasi terbarunya itu kepada partner dan mitranya, di Hotel Shangrila Jakarta, Kamis (21/2).
"Bisa dikatakan preview pertama Windows Server (2008) di Indonesia. Peluncuran resmi di Los Angeles baru akan dilakukan 27 Februari," ujar Tony Chen, Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia, dalam jumpa pers usai acara tersebut.

Peluncuran secara resmi di Indonesia sendiri akan dilakukan di Jakarta Convention Center, pada 4 Maret 2008. Selain Windows server 2008, secara bersamaan juga dirilis Microsoft Visual Studio 2008 dan Microsoft SQL Server 2008 bertema Windows Wave 2008.

Adrian Anwar, Server Business Group manager PT Microsoft Indonesia, mengatakan Windows Server 2008 merupakan produk server yang mendapat sambutan paling hangat daripada produk sebelumnya. Sekitar 550 perusahaan telah menguji coba. Bahkan BCA menjadi early adopter (pengguna awal) terbesar di dunia yang telah menguji penggunaannya pada branch delivery system.

"BCA mencoba untuk 800 cabang dengan 180 server dan telah tercatat sebagai studi kasus global," ujar Adrian. Selain BCA, early adopter lainnya antara lain Bank Mandiri dan Allianz.

Komunitas server yang didukung Microsoft juga sudah mengeluarkan e-book (buku elektronik) mengenai Windows Server 2008. e-book yang dapat diperoleh gratis dari internet tersebut sudah 21.800 kali diunduh.

Windows Server 2008 merupakan sistem operasi yang ditujukan untuk kebutuhan server. Software ini menawarkan fitur-fitur yang mendukung manajemen infrastruktur teknologi informasi melalui jaringan (network management) yang lebih biak dari versi sebelumnya, Windows Server 2003. Aplikasi yang diunggulkan antara lain virtualisasi untuk menjalankan berbagai aplikasi dalam platform apapun dan server core untuk mengatur fasilitas sesuai kebutuhan dan daya dukung hardware dan lingkungan infrastrukturnya.(WAH)

Source: Kompas.com